Jumat, 29 Oktober 2010

Kejurnas Aeromodelling Siap Digelar

JAKARTA - Bandara Silampari, Musi Rawas, Sumatera Selatan siap melayani kebutuhan para atlet aeromodelling dalam dan luar negeri yang hadir mengikuti Kejurnas Aeromodelling dan Musi Rawas International Open 2010 pada 27 Oktober-2 November 2010 mendatang.

Pemerintah Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan sendiri sudah menyatakan kesiapan penuh untuk menyambut mereka, setelah sebelumnya digelar beberapa kali rapat koordinasi antara Pordirga Aeromodelling FASI dengan jajaran pemkab.

“Kami sudah siap menyambut tamu-tamu yang mulai berdatangan akhir pekan ini. Musi Rawas siap menjadi tuan rumah yang baik untuk semua atlet, pendukung maupun masyarakat umum yang ingin berkunjung ke Musi Rawas,” kata Bupati Mura Ridwan Mukti di Jakarta.

Lebih dari 201 atlet akan hadir pada kejuaraan kali ini, menjadikannya sebagai event terbesar yang pernah diadakan di Indonesia, meskipun dengan persiapan yang terbilang singkat. Sejumlah atlet dari negara-negara ASEAN juga menyatakan ikut berpartisipasi di daerah yang dikenal sebagai lumbung energi dan agropolitan ini.

Untuk menyambut para tamu yang akan berdatangan itu, secara khusus Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishub Kominfo) Mura Ari Narsa JS memastikan penerbangan langsung regular Jakarta-Musi Rawas/Lubuklinggau akan lancar setiap hari.

Selain penerbangan regular Jakarta -Musi Rawas, alternatif penerbangan bisa juga ditempuh melalui Jakarta-Palembang dan Jakarta-Bengkulu, dengan meneruskan perjalanan darat ke Musi Rawas. Penerbangan langsung Jakarta-Musi Rawas sendiri sudah dibuka resmi sejak Agustus 2010 lalu.

Menurut rencana, Gubernur Sumsel Alex Noerdin akan membuka event yang akan diramaikan dengan atraksi terjun payung dengan melibatkan para penerjun profesional, kesenian daerah, marching band, dan hiburan, sehingga kegiatan tersebut dapat dinikmati oleh masyarakat luas.

Sementara itu, pihak Ketua Umum Pordirga Aeromodelling FASI Purnomo Sidhi memuji persiapan yang telah dilakukan oleh Pemkab Musi Rawas, dan menyebut belum pernah menemukan komitmen yang begitu kuat seperti yang ditunjukkan Bupati Musi Rawas Ridwan Mukti dan jajarannya dalam persiapan event terbesar aeromodelling di Tanah Air ini.

"Bapak bupati sangat antusias dengan aeromodelling ini antara lain karena sisi olahraga dan sains itu. Visi beliau sangat jelas, memberikan perhatian besar bagi SDM. Kita lihat Jepang, mereka memberikan perhatian besar SDM, beberapa tahun kemudian mereka bisa mengalahkan Amerika," kata Purnomo.

Selain menggelar kejuaraan, juga digelar sarasehan para aeromodeller Indonesia dan pertemuan aeromodeller ASEAN. Pembukaan akan dilakukan pada 28 Oktober, dan ditutup 2 November, dengan berlokasi di tiga empat yakni Bandara Silampari, Alun-alun Muara Beliti dan Agropolitan Center.

Wakil Ketua Pordirga Aeromodelling FASI Arya Sidharta mengatakan, pertemuan ini akan menjadi ajang konsolidasi bagi aeromodeller Indonesia dan negara-negara ASEAN untuk segera melakukan langkah konkrit dengan mengkomunikasikan keinginan itu ke tingkat asosiasi induk olahraga di negara masing-masing terkait disertakannya aeromodelling di SEA Games.

Pihak FASI juga menggelar pendidikan dan pelatihan aeromodelling untuk masyarakat Musi Rawas, dan dalam waktu dekat daerah ini membentuk club aeromodelling pertama, termasuk kepengurusan FASI Kabupaten Musi Rawas.

0 komentar:

Posting Komentar

 

AEROMODELING © 2008 . Design By: SkinCorner